Tutorial Root Samsung Galaxy Note 9 dan Install TWRP Recovery

tutorial-root-samsung-galaxy-note-9
Samsung Galaxy Note 9

Tutorial Root Samsung Galaxy Note 9 - Hai sobat MasterTutorBlog pasti kalian sudah tau tentang ponsel flagship terbaru dari Samsung-kan. Pasti dong yaitu Samsung Galaxy Note 9 yang baru saja diresmikan pada bulang Agustus 2018 yang lalu. Samsung Galaxy Note 9 tentu saja mempunyai spesifikasi dan fitur kelas atas.

Bodi Galaxy Note 9 saja terbuat dari kaca sedangkan layarnya menggunakan panel Super AMOLED 6.4 inchi dan beresolusi 1440 x 2960 piksel. Sedangkan prosesornya mempunyai dua varian yaitu Exynos 9810 untuk pasar global dan Qualcomm Snapdragon 845 untuk pasar Cina.

Kapasitas RAM-nya juga disedikan dua pilihan yaitu 6 Gb dan 8 Gb. Sedangkan penyimpanan internalnya dapat dipilih yaitu 128 Gb dan 512 Gb. Sedangkan untuk sektor kamera Galaxy Note 9 memiliki resolusi 12 MP kamera belakang dan 8 MP untuk kemera depan. Bandarol Galaxy Note 9 di pasar Indonesia sekitaran 13,5 juta rupiah untuk varian yang rendah.

Cara Memasang TWRP di Galaxy Note 9

Menu TWRP Galaxy Note 9

Samsung Galaxy Note 9 ini sudah mendukung untuk dapat dibuka bootloadernya, pada akhirnya ponsel ini pun sudah mendapatkan versi TWRP sendiri loh. TWRP yang disini adalah versi TWRP resmi. Ok cek dibawah ini ya gan.

Pertama siapkan bahannya dulu untuk memasang TWRP Recovery:
Perhatikan juga hal-hal berikut ini:
  • Pastikan kabel USB nya masih berfungsi baik
  • Baterai ponsel usahakan minimal berada di 50%
  • Ingat, root ini dapat menghilangkan garansi dari ponsel sobat
  • Cara ini hanya bisa digunakan pada Samsung Galaxy Note 9 dengan chipset EXYNOS (model SM-N960F/FD/X/N)
Baca juga: Tutorial cara buka pola keamanan yang lupa di Oppo A71 (CPH1801)

Perhatikan filenya dan extrak file root tool yang sudah di download, kemudian install Samsung USB driver. Jika semuanya yang diatas sudah terpenuhi, maka kita lanjutkan tutorial ini.

PENTING:  Sebelum melakukan proses Root alangkah baiknya sobat melakukan Full Backup, karena proses Root menghapuskan semua data di memori internal.

1. Aktifkan OEM Unlocking

Untuk mengaktifkannya, terlebih dahulu sobat harus aktifkan mode developer options. Caranya: buka setting ---> About Phone ---> tekan sebanyak 7x pada Build Number hingga ada notif bahwa mode developer sudah aktif

Buka lagi setting dan scroll kebawah sehingga menemukan developer options dan cari OEM Unlocking lalu aktifkan. Kemudian cari dan aktifkan juga USB Debugging.

2. Masuk ke Downloading Mode

Kemudian masuk ke download mode, caranya matikan ponsel sobat. Kemudian tekan dan tahan tombol power + bixby + volume bawah secara bersamaan hingga muncul mode downloading seperti dibawah ini.

Tampilan Downloading Mode

Kemudian tekan tombol volume atas untuk masuk kedalam donwloading mode.

3. Flash File TWRP

Selanjutnya ponsel sudah masuk ke downloading mode ke komputer dengan menggunakan kabel USB. Ekstrak file Odin dan buka dengan klik kanan pilih Run Administrator. Setelah odin terbuka tunggu sebentar sampai Oding mengenali ponsel sobat. Lihat dibagian kiri Odin, jika terdapat tulisan Added berarti ponsel sobat sudah terbaca dengan baik.

Ponsel Terbaca oleh Odin

Selanjutnya klik AP dan cari file TWRP yang sudah di download. Kemudian di tap option, pastikan bahwa Auto Reboot dan Re-partition TIDAK tercentang. Selanjutnya klit start untuk memulai pemasangan TWRP ke ponsel. Tunggu sebentar, kalau sudah berhasil maka ada tulisan PASS di Odin dan jika gagal muncul tulisan Failed.

Proses flash berhasil

Kalau sudah selesai pasang TWRP sobat dapat mencabut kabel USB dari PC dan masuk ke tutorial selanjutnya.

Cara Root Samsung Galaxy Note 9

1. Setelah berhasil pasang TWRP dan sobat masih di menu donwloading mode, tahap selanjutnya yaitu reboot ke mode recovery. Caranya: tekan dan tahan tombol power volume bawah + power. Setelah muncul layar hita, lepaskan tombol volume bawah dan ganti tekan ke tombol volume atas dengan tetap menahan tombol power.

2. Setelah masuk ke TWRP, pilih Keep Read Only, jangan berikan akses untuk memodifikasi sistem.

Keep Read Only

3. Selanjutnya wipe memori internal: menu wipe pilih format data tekan yes, selesai.

4. Kembali ke menu TWRP dan pilih Mount ---> Enable MTP lalu koneksikan ponsel sobat ke PC.

5. Copy file Noverity, RMM Bypass dan Magisk dari tool root yang sudah di download tadi, transfer ke dalam ponsel. Setelah selesai, langsung masuk ke menu Install di TWRP dan pilih file Noverity dan flash.

6. Selesai flash file Noverity, kemudian flash file RMM Bypass dan Magisk dengan cara yang sama.

7. Setelah semua selesai di flash, maka kembali ke menu TWRP dan reboot ponsel sobat ke OS dan tunggu sampai menyalakan kembali. Selesai.

Begitulah cara root Samsung Galaxy Note 9, bisa di coba sobat. Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat. ^_^

0 Response to "Tutorial Root Samsung Galaxy Note 9 dan Install TWRP Recovery"

Posting Komentar