5 Tips dalam menghemat kuota internet di Android

5-tips-dalam-menghemat-kuota-internet

Pada era 2000-an kita berkomunikasi hanya dengan telponan dan sms pasti menggunakan pulsa, anda merasakan jugakan. Pada era tersebut pulsa menjadi salah satu primadona hingga muncul konter-konter tempat pengisian pulsa. Hingga lambat laun munculah media sosial yang mempermudah komunikasi seperti WhatApps, Line, BBM, messenger, telegram dan lain-lain, sehingga pulsa mulai ditinggalkan. Orang sudah mengalihkan kepada kuota yang lebih hemat. tidak ribet dan bisa browsing ke semua situs internet.

Kita dapat menggunakan dan komunikasi yang luas di media sosial seperti Facebook dengan messengernya, juga punya Google dengan gmail dan google plus hingga munculnya WhatApps yang dapat mengantikan fungsi telepon dan sms. Dengan media sosial tersebut kita bisa Video Call, Voice Call dan sebagainya yang dapat memakainya dengan mudah.

Dalam hal menggunakan kuata tentu kita harus menghemat agar bisa menggunakan dalam waktu yang lama. Pemborosan kuota biasanya kita menonton streaming baik Youtube, video Instagram maupun yang sejenisnya dimana kuota cepat sekali habis. Berikut ini ada beberapa tips dan trik untuk menghematkan kuota internet.

1. Gunakan aplikasi yang versi Lite untuk Facebook

Kita tahu bahwa Facebook merupakan media sosial yang terbesar di dunia saat ini, yang jumlah pemakaiannya salah satu yang banyak digunakan. Mulai dari anak-anak menggunakan Facebook sampai yang tua juga masik menggunakan Facebook. Agar dapat menghemat kuota dalam pemakaiannya maka Facebook menyediakan aplikasi dalam bentuk Lite. Dimana Facebook Lite tidak menguras penggunaan kuota. Ini sangat cocok digunakan, apakah anda pengguna salah satunya?

2. Gunakan Youtube - Go

Youtube-Go di luncurkan pada tahun 2018 yang lalu dimana layanan ini kita bisa menikmati konten secara offline. Dengan kata lain kita bisa mengakses dulu kontennya atau mendonwload video dahulu lalu menonton kemudian. Kita dapat melihat dulu preview dari video tersebut. Kita juga dapat mengatur kosumsi data dan kuota yang akan digunakan. Dengan cara ini kita dapat mengontrol pengeluaran data dan kuota selain itu kita dapat mensharing video tersebut tanpa pengeluaran kuota. Ini tentu dapat menghemat kuota kita. Boleh di praktekkan.

3.  Aktifkan aplikasi penghemat data

Saya kira semua Hp sudah ada pengaturan penghemat data atau membatasi pengeluaran data. Dengan mengaktifkan penghemat kepada aplikasi yang tidak penting maka kuota kita dapat bertahan lebih lama. Jika Hp anda tidak ada penghemat data di pengaturan anda dapat mendownload aplikasi penghemat data di PlayStore. Mudahkan.

4. Mematikan data Hp saat tidak membutuhkan

Ini cara yang efektif juga dalam menghemat kuota. Anda dapa mematikan data Hp bila tidak ada keperluan untuk mengurangi dan terhindar dari pemakaian data di latar belakang Hp. Hal ini dapat dilakukan saat malam hari pada waktu tidur dimana kita tidak menggunakan kuota Hp tetapi jaringan telepon tetap di aktifkan. Tidak ada efek apapun yang besar jika setiap malam anda mematikan kuota Hp maka dengan hal tersebut akan menghemat kuota. Yakin anda matikan.

5. Pakai layanan kuota Unlimited

Ini merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam hal menggunakan internet. Pada saat ini banyak provider yang menjual kuota Unlimited dengan harga yang terjangkau. Ini salah satu langkah dalam hal penghematan kuota bagi anda yang butuh penggunaan kuota yang sangat banyak.

Demikian 5 hal tips untuk menghematkan penggunaan kuota data internet yang dapat anda terapkan. Boleh di coba yang mana anda gunakan dan gunakan internet dengan bijak. Boleh sharing dan bertanya di kolom komentar. Salam bebas kuota.

0 Response to "5 Tips dalam menghemat kuota internet di Android"

Posting Komentar