10 Cara Mempercepat Koneksi Internet yang Lelet

Rajatutorial.com - Pernah tidak ngerasain internet wifi yang tiba tiba menjadi lambat?. Sangat mengesalkan bukan? apalagi jika kamu sedang streaming lagu atau video favorit kamu. Bukan hanya itu, koneksi internet yang cepat sangatlah membantu pekerjaan sehari-hari misalkan mengirim tugas, jualan online, upload video ke channel youtube dll. Jika kalian sering merasakan internet wifi yang lambat, kini tidak perlu khawatir lagi karena kita akan bahas bagaimana mempercepat koneksi wifi. 

10-cara-mempercepat-koneksi-internet

Berikut caranya: 

1. Perbarui Firmware Router

Salah satu faktor sederhana yang dapat anda perbuat untuk mempercepat koneksi WiFi adalah dengan memperbarui firmware di router kalian. Perusahaan pembuat router biasanya rutin memperbarui software untuk menghasilkan koneksi WiFi yang lebih cepat.

2. Tempatkan Router di Lokasi yang Optimal

Router terbukti tak terkesan cantik untuk di ruangan, tapi jangan sembunyikan router di dalam lemari, alias di dekat jendela tempat masuknya kabel. Supaya kecepatan WiFi lebih maksimal, tempatkan router di tahap tengah rumah supaya sinyalnya dapat menjangkau area sejauh entah .

3. Jauhkan dari Perangkat Elektronik

Tidak sedikit orang yang menempatkan router mereka dekat televisi alias telepon, padahal ini dapat menghambat sinyal WiFi. Sebaiknya letakkan router sejauh entah  dari perangkat elektronik semacam TV, speaker, monitor, alias AC.

4. Jauhkan dari Perangkat Wireless

Sinyal WiFi dapat juga dihambat oleh perangkat wireless semacam speaker Bluetooth dan monitor bayi. Jadi sebisa entah  jauhkan router dari gangguan perangkat lain.

5. Ganti Channel

Apabila anda mempunyai tetangga, router dan access points mereka dapat saja mengganggu milik anda dan membikin sinyal WiFi menjadi lambat. Router WiFi dapat bekerja di beberapa channel, dan anda ingin channel yang lebih sepi dan jarang dipakai.

Di PC alias pc Windows, anda dapat menonton channel mana yang dipakai oleh WiFi tetangga. Caranya masuk ke Command Prompt dan ketik "netsh wlan show all". Nantinya anda bakal menonton daftar yang berisi jaringan wireless dan channel yang dipakai di kurang lebih kalian.

6. Buat Antena DIY

Ada beberapa tips DIY yang dapat anda perbuat untuk mempercepat koneksi WiFi, salah satunya dengan membikin antena dari kaleng minuman. Caranya potong tahap atas dan bawah kaleng, dan potong kaleng di tengah jadi menjadi lembaran metal.

Taruh potongan kaleng ini di belakang antena router dengan bentuk semacam parabola, dan biarkan tahap depannya terbuka. Meski hasilnya tak begitu drastis, tips ini sukses mempercepat koneksi WiFi.

7. Ganti Router yang Usang

Apabila anda memakai router lama, umpama yang memakai standar 802.11n, router tersebut mempunyai batas bandwidth yang lumayan rendah. Jadi, sebisa entah  upgrade router anda dengan router yang mempunyai standar terakhir yaitu 802.11ac yang dapat mendukung bandwidth sampai 1Gbps.

8. Ubah Pengaturan Ponsel

Apabila anda mengggunakan ponsel Android, terutama Xiaomi, ada tutorial mudah untuk mempercepat koneksi WiFi tanpa butuh mendownload software tambahan. Caranya masuk ke software Settings, kemudian pilih alternatif WiFi. Seusai itu, scroll ke bawah sampai menemukan alternatif Advanced settings.

Klik alternatif tersebut kemudian pilih alternatif WiFi speed mode untuk memberi prioritas bandwidth pada software tertentu. Ada alternatif Regular mode yang dapat membagi bandwidth dengan cara merata untuk software yang berlangsung di foreground dan background.

Selain itu ada alternatif Extreme mode yang dapat memprioritaskan bandwidth pada software yang berlangsung di foreground, sedangkan software yang berlangsung di background kemungkinan tak dapat mengakses internet untuk sementara.

9. Gunakan Password

WiFi yang diamankan dengan password pasti bakal terhindar dari tetangga nakal yang ingin menumpang memakai WiFi dengan cara gratis. Pastikan juga password anda memakai enkripsi WPA2 supaya lebih susah dibobol oleh orang lain.

10. Reboot Router

Boot ulang router dengan cara reguler adalah tutorial mudah untuk menambah kecepatan WiFi di rumah. Jangan hanya reboot router saat anda merasa koneksi WiFi sedang lambat, lebih baik untuk mengatur jadwal otomatis supaya router dapat restart sekali dalam sehari alias seminggu.

Sumber: Detik.com

0 Response to "10 Cara Mempercepat Koneksi Internet yang Lelet"

Posting Komentar