Rajatutorial.com - Di dalam pemakaian kertas kerja pada MS. excel, kadang kami jumpai data yang acak-acakan dan kotor dan belum rapi. Dapat kamu lihat pada data dan tabel yang kolom dan barisnya tetap kosong. Biasanya data-data tersebut sumbernya dari sistem alias program lainnya, semacam umpama program khusus untuk akuntansi.
Data-dari Excel yang kamu kerjakan ini mempunyai kolom dan baris yang kosong ini dikarenakan mempunyai tak sedikit keterbatasan yang diantaraya tak dapat diperbuat pivot table. Pivot table adalah fitur yang tersedia di dalam program ms. excel yang manfaatnya merangkum, meperbuat analisa, meperbuat eksplorasi, dan mempresentasikan data.
Fitur ini pasti sangat kuat dalam merangkum data yang jumlanya tak sedikit dalam waktu singkat. Dan dengan fitur ini pula, kamu dapat meperbuat manipulasi data sesuai yang kamu perlukan. Untuk lebih jelasnya tentang pivot table ini, pada peluang berikutnya bakal diulas dengan cara mendalam. Kembali ke pembahasan mutlak tadi, dengan memakai data pada tabel yang optimal maka langkah awal yang wajib kamu perbuat adalah dengan membersihkan data-data tersebut yang caranya dengan menghilangkan baris dan kolom yang kosong.
Adapun yang dinamakan proses pembersihan data ini disebut dengan data cleansing. Bila kolom dan baris di tabel excel kamu terlalu tak sedikit, maka kamu dapat saja meperbuatnya dengan cara manual. Tetapi apabila tabel yang baris dan kolomnya sangat tak sedikit jumlahnya, maka untuk menghilangkan dengan cara manual pasti bakal menjemukan dan tentunya memakan waktu yang lumayan lama. Maka dari itu, ada berbagai tutorial yang dapat kamu perbuat untuk menghilangkan baris dan kolom tersebut. Untuk tutorial pertama yaitu dengan menghilangkan kolom yang kosong terlebih dahulu. Seusai itu baru baris yang kosong kamu hapus yang caranya pun sama. Kamu juga dapat meperbuat sebaliknya.
Untuk langkah-langkah yang manjur dalam menghilangkan baris dan kolom yang tetap kosong diantaranya.
1. Anda pilih kemudian blok baris pertama tabel. Dimana baris pertama tabel ini merupakan header tabel.
Setelah anda blok pada baris pertama tabel, maka kemudian anda pilih menu Go To Special di menu tab Home>Go To kemudian diklik tombol Special atau bisa juga dengan klik dua kali, kalau memang masih ribet anda bisa lakukan dengan jalan pintas menekan tombol F5.
2. Nah, setelah itu anda klik menu Blanks di window box Go To Specials yang fungsinya untuk memilih cell kosong pada row yang telah diblok dan akan dihapus, kemudian klik OK.
3. Selanjutnya anda klik kanan di worksheet dan pilih Delete untuk menghapusnya.
4. Di window box Delete yang muncul, anda bisa memilih Delete Entire Coloumn dan anda klik OK.
5. Untuk berikutnya ini cara yang dilakukan sebenarnya masih sama dengan langkah nomor 1 hingga 5, namun untuk row. Kali ini langkah untuk menghapus kolom, maka anda harus blok dahulu kolom paling kanan pada data di tabel.
6. Lalu dipilih menu Go To Special di menu tab Home > Go To > Go Special
7. Lalu anda klik Blanks di window box Go To Special untuk memilih cell yang kosong dan akan dihapus.
8. Pada kertas kerja di ms. excell anda, di klik kanan dan pilih Delete supaya window box Delete muncul.
9. Di window box Delete yang telah muncul itu anda pilih Delete Entire Row dan klik OK supaya keseluruhan row terhapus yang berada di baris yang kosong.
10. Dan setelah semua langkah itu sudah anda lakukan, maka anda bisa melihat hasilnya seperti di bawah ini.
Bagaimana? Ringkas bukan? Pastinya bila kamu meperbuat langkah-langkahnya dengan benar tanpa ada yang terlewat, maka kertas kerja di data ms. Excel kamu bakal terkesan lebih rapi serta juga tak berantakan, jadi ketika kamu meperbuat laporan pasti tak memalukan alias mengesankan kamu sanggup dalam menjalan program ms. Excel.
0 Response to "Cara Menghapus Kolom dan Baris yang Kosong Sekaligus di Excel"
Posting Komentar